Kamis, 12 Oktober 2017

Tugas Kelompok 6.1 (Hal 10-12) (angka putus sekolah)


  1. Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah ?
    • Faktor ekonomi sekalipun dianggap penyebab utama meningkatnya, angka putus sekolah karena dalam keluarga yang miskin cenderung timbul berbagai masalah yang berkaitan dengan pembiayaan hidup seorang anak, sehingga anak sering dilibatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan sang anak ini merasa terbebani dengan masalah ekonomi ini sehingga dapat mengganggu kegiatan belajar serta kesulitan mengikuti pelajaran. Dengan adanya kurangnya perhatian dari orang tua, justru akan menimbulkan banyak masalah. 
  2. Adakah faktor lain selain faktor ekonomi yang menjadi penyebab meningkatnya angka putus sekolah? Apabila ada, apa saja faktor tersebut ?
    • Ada 2 faktor : 
      • Faktor Internal 
        • Anak yang terkenal karena mangkir dari sekolah, sehingga terkenal drop out (DO) 
        • Di dalam diri anak tersebut, putus sekolah terjadi karena adanya rasa malas untuk pergi sekolah dengan adanya rasa minder, tidak bisa bersosialisasi karena tidak mampu dalam membayar kewajiban biaya sekolah 
        • Adanya pengasuh dari teman-teman sehingga dirinya merasa ingin dan ikut-ikutan apabila diajak untuk bermain 
      • Faktor Eksternal 
        • Keadaan status ekonomi keluarga 
        • Kurangnya perhatian dari orang tua 
        • Hubungan orang tua yang kurang harmonis
  3. Apakah upaya pemerintah sudah optimal untuk menangani masalah ini? kemukakan indikator optimal dan tidak optimalnya ? 
    • Menurut saya, upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini belum optimal. Pemerintah masih belum dapat menjangkau anak-anak bangsa yang ada diseluruh Indonesia ini. Meski pada beberapa sekolah telah dibebaskan biaya kewajiban untuk membayar sekolah, namun belum semua siswa dapat merasakan bantuan dari pemerintah itu dan membuat semakin banyaknya angka siswa yang putus sekolah. Selain itu pada kota besar sering kali terjadi kecurangan siswa dan siswi yang dapat dikategorikan cukup mampu justru mendapatkan bantuan dana dan bebas dari kewajiban biaya sekolah. Inilah yang perlu pemerintah perhatikan untuk kedepannya. 
  4. Selain pemerintah, siapa lagi yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah ini ? Apa saja yang bisa ditampilkan ? 
    • Selain pemerintah yang bertanggung jawab dalam menangani masalah ini adalah orang tua, guru, teman-teman dan pribadi diri sendiri. 
    • Peran mereka memang begitu penting untuk membangkitkan motivasi anak-anak sehingga minat anak untuk bersekolah tinggi dan menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Terlebih  adanya peran dari orang lain yang membantu motivasi dan memberikan semangat, serta dari pribadi diri sendiri yang memang dengan niat penuh akan belajar. 
  5. Apa solusi yang kalian ajukan untuk mengatasi masalah ini ? Bagaimana strateginya supaya solusi itu berhasil ?
    • Solusi yang saya ajukan untuk mengatasi masalah ini adalah sebaiknya pemerintah lebih tegas dan lebih memperhatikan peserta didik yang kurang mampu. Pemerintah lebih jeli atau lebih teliti dalam menilai masyarakat kita. Strategi yang akan saya gunakan adalah dengan memberikan beberapa penyuluhan atau pemahaman kepada masyarakat agar lebih sering atau lebih baik dalam memperhatikan anak-anak mereka. 
  6. Kemukakan bentuk pelanggaran hak warga negara yang pernah terjadi di daerahmu serta bagaimana solusi untuk menyelesaikan ? 
    • Banyak pelanggaran hak warga negara disekitar kita, misal sekarang banyak remaja yang malah menikah di usia dini, adanya pergaulan bebas yang sangat merugikan bagi anak-anak, serta bisa mengkonsumsi rokok bahkan narkoba. 
    • Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan mencari akar-akar penyebab, lalu diselesaikan hingga akarnya ditemukan dan pentingnya bimbingan dari semua orang dan membatasi internet dengan selalu menjaga anak-anak supaya menggunakan dengan hal positif 
    • Mengingat internet banyak informasi yang bukan seharusnya yang bisa diakses siapapun tanpa batas usia, itulah peran orang tua untuk mendampingi dan meluruskannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perubahan Sosial dan Budaya

  Pengertian Perubahan Perubahan adalah suatu keadaan dimana terjadi ketidaksesuaian unsur-unsur dalam kehidupan sehingga menyebabkan tidak ...